Cari Artikel Blog ini

sponsor

Belum shalat, virus matikan komputer

Tampilan virus VBWorm.NVX
Jakarta - Ada-ada saja perilaku pembuat virus komputer di Indonesia. Bertepatan dengan bulan ramadan, sebuah virus akan mematikan komputer korbannya jika belum salat.

Virus bernama VBWorm.NVX itu dikabarkan kehadirannya oleh para analis dari Vaksin.com. Virus ‘religius’ itu akan menampilkan pesan lima kali sehari sesuai waktu salat umat islam.

Seperti disampaikan analis Vaksin.com, Adang Jauhar Taufik, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (28/9/2007), virus itu akan aktif setiap hari pukul 13.00, (waktu Dzuhur), 16:00 (waktu Ashar), 18:30 (waktu Maghrib), 20:00 (waktu Isya) dan 5:30 (waktu Subuh).

Virus itu menampilkan pesan “Apakah Anda seorang Muslim ?” jika dijawab ‘Ya’, virus itu akan melanjutkan dengan ‘Sudahkan Anda Shalat ?’. Jika pada pertanyaan kedua dijawab ‘Sudah’ maka pesan akan hilang, tapi jika dijawab ‘belum’ maka komputer akan dimatikan.

“VBWorm.NVX ini tergolong masih baik karena tidak sampai melakukan blok terhadap fungsi Windows atau tools security, VBWorm.NVX juga tidak akan menyembunyikan file atau dokumen dan tidak akan membuat file duplikat seperti yang dilakukan oleh virus lokal pada umumnya,” ujar Adang.

Meski demikian, keberadaan virus ini tetap tidak bisa dibilang sebagai perbuatan baik. Adang berpendapat lebih baik tidak membuat virus atau program sejenis daripada membuatnya meski dengan tujuan atau niatan baik.

VBWorm.NVX memiliki wujud icon Microsoft Windows Explorer dengan tipe file aplikasi (.exe) berukuran 56 kilobyte. Pengguna komputer bisa tertular virus ini melalui jalur USB Flash Drive.

Tak lupa Adang pun mengingatkan pengguna komputer untuk selalu berhati-hati dan menyiapkan antivirus yang sudah up to date

Sumber : detikinet

Baca juga yang ini :



Tags:

0 comments:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar,
bila tidak punya ID google, yahoo, Open ID, atau lainnya pilih pada pilihan anonymous [dimohon mencantumkan nama].