Cari Artikel Blog ini

sponsor

Safari 4 lebih cepat dibandingkan browser lainnya . ,

Reduced: 65% of original size [ 588 x 549 ] - Click to view full image


Sepertinya para pemain di kompetisi browser patut waspada. Pasalnya Apple menggeber penantang yang lebih bertenaga yakni Safari 4. Dari segi kecepatan, bisa dibanggakan, fitur yang ditawarkan juga inovatif.

Hadir dalam versi beta, Safari 4 menyajikan tampilan visual yang menarik. Salah satu fitur yang cukup menawan adalah Top Sites, yang berisi tampilan situs-situs yang sering dikunjungi.

Fitur menarik lain yang ditawarkan, yakni Full History Search, untuk mencari melalui judul, alamat situs serta teks keseluruhan dari halaman terakhir yang dikunjungi.

Fitur lain yang dihadirkan Safari 4 adalah Cover Flow untuk memudahkan melihat sekilas web history atau bookmark, serta Tabs on Top untuk memudahkan tabbed browsing.

Sepertinya memang tidak terlalu berlebihan jika Apple mengklaim browser besutannya ini memiliki kecepatan yang prima. Dari uji coba yang dilakukan detikINET, kecepatan browser Safari 4 versi beta ini terbilang lebih ngebut untuk mengakses situs, baik lokal maupun asing.

Apple menyebutkan rahasia kecepatan browser besutannya ini adalah Nitro Engine, yang membuat JavaScript 4.2 kali lebih cepat dibanding Safari 3.

Bahkan diklaim Apple, Nitro Javascript Safari 4 mampu menjalankan JavaScript 30 kali lebih cepat daripada IE7, serta tiga kali lebih cepat dibanding Firefox 3.

Safari juga memiliki kecepatan tiga kali lebih cepat dibanding IE7 dalam memuat halaman web HTML, serta hampir tiga kali lebih cepat dibanding Firefox 3.

Berikut rincian tentang fitur-fitur inovatif yang dihadirkan Safari 4 :

* Top Sites , tampilan dari halaman-halaman yang sering dikunjungi, yang disajikan dalam wall of previews sehingga pengguna dapat langsung masuk ke situs favorit hanya dengan sekali klik.
* Full History Search, pengguna dapat mencari melalui judul, alamat web dan teks komplit dari halaman yang baru saja dikunjungi, sehingga mempermudah saat ingin kembali ke situs yang sudah dilihat sebelumnya.
* Cover Flow, untuk membuat pencarian riwayat web dan bookmark lebih mudah
* Tabs on Top, untuk tabbed browsing yang lebih mudah dengan drag-and-drop tabmanagement tools dan tombol intuitif untuk membuka halaman yang baru.
* Smart Address Field, yang secara otomatis menyelesaikan alamat web dengan menampilkan daftar saran-saran yang mudah dibaca dari Top Sites, bookmarks dan riwayat browser.
* Smart Search Field, dimana pengguna menyempurnakan pencarian dengan rekomendasi dari Google Suggest atau dari daftar pencarian yang terbaru.
* Full Page Zoom, untuk tampilan lebih dekat semua situs tanpa menurunkan kualitas dari tampilan halaman maupun teks.
* Built-in alat pengembangan web untuk debug, tweak dan pengoptimalan website untuk penampilan terbaik dan compatibility.

Browser yang dapat diunduh di http://www.apple.com/safari ini, menyambangi pengguna Mac dan Windows. Untuk menginstal Safari 4, pengguna Mac OS X memerlukan Mac OS X Leopard versi 10.5.6 serta Security Update 2009-001 atau Mac OS X Tiger versi 10.4.11, dengan RAM minimal 256MB, didesain untuk semua Mac yang disokong prosesor Intel, atau PC Mac dengan prosesor PowerPC G5, G4 atau G3 dan FireWire yang built-in.

Bagi pengguna Windows, Safari 4 dapat diinstal di Windows XP SP2 atau Windows Vista, minimum RAM 256MB dengan komputer yang memiliki kecepatan minimum 500 MHz prosesor Intel Pentium.

Baca juga yang ini :



Tags:

1 comments:

Anonim mengatakan...

wah kalo web browser safari mah dari dulu juga katanya udah terkenal cukup stabil kan ya?
cakep dach tuh..

:D

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar,
bila tidak punya ID google, yahoo, Open ID, atau lainnya pilih pada pilihan anonymous [dimohon mencantumkan nama].